Senin, 11 April 2011

Wikileaks

Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006. Saat ini alamat situs telah dialihkan ke www.wikileaks.ch untuk alasan keamanan.

Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan, Artikel koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks. Situs Wikileaks menggunakan mesin MediaWiki.

WikiLeaks telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk New Media Award dari majalah Economist untuk tahun 2008. Pada bulan Juni 2009, WikiLeaks dan Julian Assange memenangkan UK Media Award dari Amnesty International (kategori New Media) untuk publikasi tahun 2008 berjudul Kenya: The Cry of Blood – Extra Judicial Killings and Disappearances, sebuah laporan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Kenya tentang pembunuhan oleh polisi di Kenya. Pada bulan Mei 2010, New York Daily News menempatkan WikiLeaks pada peringkat pertama dalam "situs yang benar-benar bisa mengubah berita”. Pada Juli 2010, situs ini mengundang kontroversi karena pembocoran dokumen Perang Afganistan. Selanjutnya, pada Oktober 2010, hampir 400.000 dokumen Perang Irak dibocorkan oleh situs ini. Pada November 2010, WikiLeaks mulai merilis kabel diplomatik Amerika Serikat.


Cara Kerja Wikileaks

Wikileaks tidak punya karyawan yang digaji atau tidak punya kantor. Pendirinya masih misterius, diantaranya hacker berambut perak, semula ilmuwan menjadi aktivis journalist. Menjadi momok bagi politisi dan pemerintah di seluruh dunia. Inilah Wikileaks.

Sekali lagi, organisasi yang mendominasi semua headline news, kali ini tentang berita yang belum pernah terjadi, yaitu kebocoran dokumen Amerika terkait perang di Afghanistan.

website milik Swedia “whistleblowing” merilis 90.000 dokumen militer rahasia yang memaparkan perang enam tahun lalu, termasuk warga Afghanistan yang terbunuh dan tidak dilaporkan dan operasi tersembunyi Taliban. Penasihat Gedung Putih Jenderal Jim Jones berbicara mengenai “kehidupan orang Amerika dan partnernya masuk periode siaga”.

Sudah tentu tujuan utama Wikileaks selalu membongkar rahasia, apapun harganya. Tapi bagaimana organisasi ini bekerja dalam aura yang ekstrim sensiti? Berikut jawaban atas pertanyaan yang sering muncul selama beberapa hari ini :

Tujuan Wikileaks
Wikileaks didirikan tahun 2006, yang bertujuan utama adalah “membongkar rejim pemerintahan di Asia, blok Soviet terdahulu, sub-Sahara Afrika dan Timur Tengah, tetapi juga berharap ada orang yang juga menjadi asisten di seluruh dunia mengungkap perilaku pemerintah yang tidak etis dan tidak bekerjasama”. Pendiri, Julian Assange mengatakan dalam web nya Wikileaks adalah sebuah forum komunitas internet untuk mengungkap secara gamblang, penelitian dan diskusi atas informasi yang sensitive.

Cara Kerja Wikileaks
Sukarelawanlah yang mengisi web ini. Hanya ada beberapa anggota yang sepenuh waktu yang bekerja untuk Assange. Organisasi ini bekerja secara tersembunyi yang anggotanya diketahui hanya dari inisialnya, dan online chats dilakukan dalam suatu kode tertentu. Wikileaks didanai dari pendonor pribadi. Wikileaks juga beroperasi di beberapa negara termasuk Swedia dan Iceland, dimana keamanan privasi dan hukum hak digital lebih terakomodasi.

Cara Wikileaks Menggali Berita
Prosesnya seperti berikut :
Web ini diatur untuk bisa mengijinkan para upadater anonym dari orang yang melaporkan di seluruh dunia via form online khusus, sekalipun hal tersebut masih dipertanyakan keabsahannya. Assange dan perusahaan (tidak bernama dan kontributornya tidak tampak) kemudian meramunya secara rahasia, memaketkan ulang ke multimedia dan menampilkan di web, dan tetap menjamin sumbernya dengan anonym yang sempurna.

Problem web ini sendiri, anonym yang kosong terbukti sedikit menyusahkan pada prakteknya. Awal tahun ini, seorang mahasiswa 20 tahun menghack email Sarah Palin dan ditangkap dan dihukum atas dasar penipuan dan gangguan peradilan setelah Wikileaks menerbitkan email anak tersebut.
Wikeleaks sekarang mencoba untuk menyusun pertahanan hukum atas Bradley Manning, yang diduga keras dibalik Sunday’s leak, grafis yang sempurna, profile video resolusi tinggi atas sebuah serangan bencana udara Amerika atas warga Iraq, berjudul “Pembunuhan Sadis”. Yang bersangkutan dilaporkan ditangkap oleh militer di Kuwait dan tampaknya akan mengahadapi pengadilan militer.

Dimana dapat menemukan dokumen WikiLeaks ?
1. WikiLeaks
2. Cryptome
3. Economic Disaster Area

Kelanjutan dari WikiLeaks
Assange mengatakan kepada konferensi TED Global bahwa Wikileaks “semakin bermutu dan bertambah jumlah pelaporan yang terungkap“. Dengan menemukan dokumen perang Afghanistan semakin menambah kemashuran Wikileaks, juga tidak beralasan jika dipikir bahwa dokumen tersembunyi lainnya akan muncul di situs ini sebulan kedepan.

Bocornya Kawat Diplomatik Kedutaan Besar Amerika Serikat
Menjelang akhir tahun, kembali WikiLeaks membuat ulah. Situs yang dipimpin pria Australia bernama Julian Assange ini membocorkan kawat diplomatik milik Kedubes AS yang ada di sebagian besar dunia.

Bocoran kawat ini mengundang keheranan, mengapa sesuatu yang sifatnya rahasia dan mengandung kerja diplomasi AS dapat berpindah tangan ke WikiLeaks.
Pastinya, terkuaknya kawat diplomatik oleh WikiLeaks ini telah mencoreng korps diplomat AS khususnya Menteri Luar Negeri Hillary Clinton.
Sekira 250 ribu rencananya akan dirilis oleh WikiLeaks menyangkut bocoran kawat diplomatik. Ribuan pesan yang diperoleh dari diplomat Amerika Serikat (AS) cukup membuat malu Pemerintahan Barack Obama. Terlebih, pesan yang dibocorkan WikiLeaks ini menyertakan julukan yang disematkan kepada beberapa pemimpin dunia.

Indonesia pun tidak luput dari ulah WikiLeaks ini. Beberapa dari bocoran dokumen tersebut menyebutkan Pemerintah Indonesia, khususnya mengenai masalah Papua.
Salah satu yang dimuat dalam bocoran WikiLeaks adalah setoran uang keamanan oleh Freeport kepada TNI dan Polri. Selain itu ada juga tuduhan mengenai keterlibatan anggota TNI dalam peredaran narkoba dan penyelundupan kayu ke wilayah sekitar perbatasan Papua Nugini.

Masih banyak lagi kawat diplomatik Kedubes AS yang dimiliki dan belum sepenuhnya dirilis oleh WikiLeaks. Diperkirakan butuh waktu tujuh tahun untuk WikiLeaks mempublikasikan seluruh kawat diplomatik tersebut.
Tuntutan Hukum untuk Assange bila pada saat merilis dua dokumen rahasia sebelumnya, pendiri WikiLeaks Julian Assange masih dapat bernafas lega. Lain halnya ketika WikiLeaks merilis kawat diplomatik Kedubes AS. Assange sempat menyerahkan diri kepada pihak berwenang Inggris setelah sebelumnya bersembunyi.

Assange dihadapkan pada tuduhan pemerkosaan dan pelecehan seksual terhadap seorang perempuan pada 14 Agustus dan dengan sengaja melakukan pelecehan pada 18 Agustus. Tuduhan lain menyebutkan jika pendiri WikiLeaks ini melakukan hubungan seks dengan seorang perempuan lain, pada 17 Agustus di Stockholm, Swedia tanpa menggunakan kondom.
Tuduhan yang tidak ada kaitannya dengan WikiLeaks ini digunakan untuk menjerat Assange. Pria Australia itu bahkan harus bersembunyi dari kejaran pihak Swedia yang sempat meminta bantuan dari interpol.
Pria berusia 39 tahun itu, diketahui bersembunyi di Inggris dan pada akhirnya menyerahkan diri pada 7 Desember lalu.
Namun Assange akhirnya dibebaskan dengan uang jaminan 200.000 poundsterling atau sekira Rp2,8 miliar pada 16 Desember tahun ini. Pihak penuntut tidak puas dengan keputusan tersebut. Menurut mereka, Assange seharusnya tetap di dalam tahanan karena risiko melarikan diri sangatlah besar.


http://news.okezone.com/read/2010/12/29/349/408433/wikileaks-menarik-perhatian-dunia
http://id.wikipedia.org/wiki/WikiLeaks
http://franzeast.com/bagaimana-wikileaks-bekerja.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar