Senin, 01 Juli 2013

Wireable Device

Wireable Device merupakan sebuah teknologi elektronik yang canggih yang dibuat untuk memanjakan keinginan manusia yang tidak pernah ada puasnya. Pada penulisan ini, saya akan membahas wireable device pada mobile yaitu NFC Card.

Apa itu NFC ?
NFC merupakan teknologi terbaru di bidang komunikasi nirkabel atau yang lebih keren disebut wireless. Banyak definisi tentang NFC ini, setelah saya mencari - cari kesana kemari barulah saya kumpulkan beberapa definisi yang hammpir mendekati akurat. berikut definisi - definisi tersebut berserta yang memberikan definisi tersebut.

Definisi pertama :
Near Field Communication (NFC) adalah salah satu teknologi konektivitas wireless jarak dekat yang memungkin interaksi dua arah antar perangkat elektronik yang lebih aman dan simple. NFC juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi secara contactless, mengakses konten digital dan melakukan koneksi dengan perangkat elektronik hanya dengan satu sentuhan. NFC berkomunikasi via induksi medan magnet, dimana dua device terletak dalam area yang berdekatan yang secara efektif membentuk sebuah transformator dengan inti udara. Komunikasi antar dua perangkat yang mendukung teknologi NFC ketika perangkat tersebut berada dalam jarak 4 cm atau lebih dekat lagi satu sama lain. NFC beroperasi dalam frekwensi radio 13.56 MHz yang berlisensi ISM band.

NFC merupakan teknologi yang dapat menulis dan membaca data yang dilakukan dalam koneksi. Kecepatan transfer data yang dapat dilakukan menggunakan NFC beragam, antara lain 106 Kbps, 212 Kbps dan 424 Kbps. Keunikan dari NFC ini terletak pada kemampuannya untuk mengubah mode operasinya menjadi reader/writer, peer to peer, atau card emulation. Mode operasi yang berbeda tersebut berdasar pada ISO/EIC 18092 dan ISO/EIC 14443 contacless smart card standard.

Definisi kedua :
Near Field Communicatin atau NFC merupakan satu set teknologi nirkabel atau wireless jarak dekat yang biasanya membutuhkan jarak 4cm atau kurang untuk berkomunikasi. NFC beroperasi pada frekwensi 13.65 MHz dengan rata – rata kecepatan transfer 106 Kbps sampai 848 Kbps. NFC selalu melibatkan inisiator dan target. Inisiator secara aktif menghasilkan Frekwensi Radio (RF) yang dapat mengaktifkan target yang pasif. Hal ini memungkinkan target NFC untuk dapat mengidentifikasi factor – factor yang sangat sederhana dari device seperti tag, stiker, key fobs, ataupun kartu yang tidak memerlukan baterai.

Definisi ketiga :
Near Field Communication atau NFC merupakan generasi terkini dari komunikasi wireless jarak dekat dengan frekwensi tinggi. Yang memungkinkan pertukaran data antar device yang terintegrasi dengan teknologi ini. Layanan NFC yang terdapat pada mobile handset memungkinkan penggunanya untuk membagi dan menerima data atau informasi secara instan, berinteraksi dengan device lain yang memiliki teknologi NFC, dan membuat pembayaran secara mobile menjadi cepat dan aman. Teknologi ini dibuat berdasarkan standard RFID. Hanya terdapat sedikit perbedaan, dan NFC tidak dapat berinteraksi dengan beberapa device yang system yang terintegrasi RFID. NFC berkerja pada frekwensi 13.56 MHz dengan kecepatan transfer rata – rata diatas 424 Kbps.

Kegunaan Teknologi NFC
Berbagai data dapat dipertukarkan ketika kita menggunakan teknologi NFC ini yaitu dengan cara melakukan penempelan sesama alat yang memiliki chip elektronik NFC ini secara bersebelahan dengan jarak yang dekat.
Anda dapat bayangkan data-data seperti kartu nama, kupon, bahkan informasi pembayaran seperti kartu kredit dan debit bank (tentu saja diamankan dengan menggunakan PIN).
Jadi nantinya anda akan dapat menggunakan handphone anda sebagai alat pembayaran menggantikan credit card atau debit card seperti yang lazim kita gunakan sekarang. Beberapa perusahaan raksasa telah menilik kemampuan NFC ini untuk nantinya akan diintegrasikan ke sistem bisnis masing-masing seperti contohnya Google dengan produk Google Walletnya.

Sejarah Singkat NFC

Teknologi NFC ini adalah hasil penelitian dari perusahaan Sony dan NXP, penelitian ini melibatkan teknologi radio dan chipset yang ditanamkan dalam perangkat. Sebenarnya ide ini berawal dari RFID (Radio Frequency Identification). RFID adalah teknologi yang umum untuk melakukan tagging barang, inventarisasi barang di warehouse, dan juga smart passport.
Hanya saja NFC lebih canggih dibandingkan RFID karena dilengkapi dengan kemampuan untuk integrasi dengan prosesor dan juga sistem operasi yang canggih seperti contohnya integrasi dengan sistem operasi Android.

Mode Operasi NFC
NFC ini bekerja dengan tiga mode operasi yang lazim digunakan yaitu:
• Mode Emulasi Kartu
Mode ini adalah handphone digunakan untuk mengemulasikan kartu kredit, Ini akan mengintegrasikan handphone anda seolah-olah sebagai kartu kredit dengan jaringan payment prosesor yang sudah ada seperti Visa dan Mastercard.
• Mode Pembacaan
Mode ini adalah mempermudah handphone anda untuk membaca tag pasif RFID dari poster, selebaran, stiker. Contoh penggunaannya adalah anda mendekatkan handphone RFID anda
• Mode Peer to Peer
Mode ini adalah jika anda ingin melakukan transaksi individual dengan sesama orang yang memiliki perangkat NFC. Maka uang tunai tidak lagi diperlukan dalam transaksi ini lagi.

Dalam banyak hal NFC ini memiliki banyak kesamaan dengan teknologi nirkabel seperti bluetooth namun perbedaannya cukup signifikan juga seperti misalnya NFC lebih cepat mentransmit data ke sesama perangkat dan jarak pancar radio yang lebih pendek dibandingkan dengan bluetooth.

Hal-hal yang Bisa Kita Lakukan Dengan Teknologi NFC, sebagai contoh
Mode pembayaran nirkabel hanyalah salah satu cara penggunaan teknologi NFC ini, ada banyak sekali aplikasi yang menggunakan teknologi ini seperti misalnya:
• Memonitor kesehatan kita
• Pengecekan boarding tiket pesawat, kereta api, dsb
• Membuka pintu rumah, mobil, kamar hotel
• Memasangkan perangkat bluetooth kita secara instan dengan menempelkan NFC ini
• Log in ke jaringan Wi-Fi
• Memulai video chat atau konferensi
• Berbagi file music atau dokumen antar handphone
• Menjadi elektronik kupon


Referensi :
1. http://10111048.blog.unikom.ac.id/near-field.2rp ( Tanggal Akses 1 Juli 2013 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar